phone: 085646360123
e-mail: bayu.setio@neuviz.net.id

Mengatasi Gangguan di Printer Anda

[2009.10.01 18:00:29] Teknologi Informasi By Vero

PERKEMBANGAN printer belakangan ini memaksa kita lebih serius mempelajari karakter-karakter printer terbaru sehingga berbagai gangguan penggunaan dapat kita cermati dan kemudian kita berikan jalan keluar terbaik.
Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah sehabis proses head cleaning, printer Anda tidak bisa mencetak. Tombol power dan tombol error menyala terus alias blinking atau berkedip- kedip.

Itu karena protection counter yang sedang menyelamatkan printer Anda. Maksudnya, protection counter tersebut memberitahu Anda bahwa tinta buangan dalam tangki penampungan sudah penuh.
Jika saja protection counter ini tidak memberitahu Anda maka tangki tinta pembuangan akan terus terisi ketika melakukan proses head cleaning dan penuh hingga membanjiri printer Anda dan kemungkinan printer Anda akan rusak total.

Jadi akibat hal tersebut printer Anda tidak berfungsi dan tangki penampungannya harus di bersihkan/dikosongkan dahulu. Setelah itu Anda harus mereset protection counter dengan bantuan peranti lunak (software) khusus.

Sayang sekali software untuk mereset protection counter-nya tidak diberikan dalam paket penjualan printer. Mungkin karena untuk mengganti/membersihkan tangki tinta penampungan membutuhkan keahlian teknisi.

Memang, sedikitnya tangan Anda akan terciprat tinta tapi itu tidak masalah bukan? Tapi jika Anda tidak ingin terciprat tinta, sebaiknya Anda membawa printer Anda ke pusat layanan (service center). Rutinitas ini biasanya dilakukan 1-2 kali setahun tergantung pemakaian.
Printer inkjet pada semua tipe memiliki sensor untuk menghitung berapa jumlah kertas yang telah tercetak dan hal ini akan terus diakumulasikan hingga mencapai batas yang telah ditetapkan oleh masing-masing vendor printer.

Apabila batas tersebut telah tercapai maka akan terjadi overload dengan ciri-ciri lampu akan berkedip bergantian (merah-kuning, atau hijau-oranye) kejadian ini disebut dengan blinking.
Sebenarnya blinking maupun waste ink sebagai counter (penghitung) dimana kegunaan counter ini adalah untuk persiapan jangan sampai limbah tinta di dalam printer melebihi kapasitas busa (waste pad) sehingga meluber.

Kalau Anda memperhatikan modifikasi printer Epson atau Canon dengan menggunakan tinta infus, selalu dipasang botol kosong di belakang body printer tersebut. Mengapa? Hal ini dilakukan agar yang dibuang pada saat pertama printer dinyalakan ataupun pada saat proses cleaning tidak memenuhi busa penampungan.

Cara Memproteksi Printer
MUNGKIN Anda pernah mendapati nama printer Anda hilang dari daftar printer. Seringkali banyak tangan-tangan jahil yang menghapus nama printer Anda atau bahkan menambahkan berbagai nama printer baru yang sangat membingungkan tentunya.

Agar nama printer Anda tersebut tidak bisa dihapus atau diganti, lakukan langkah-langkah berikut ini. Jalankan Registry Editor Anda, kemudian masuk ke subyek HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.

Pada panel sebelah kanan, klik kanan dan pilih [New]>[DWORD 32 bit Value]. Agar nama printer tidak bisa dihapus, beri nama DWORD value tersebut dengan
nama NoAddPrinter, dan isikan value data-nya dengan 1.

Sedangkan kalau ingin agar nama-nama printer tidak bisa bertambah, buat DWORD 32 bit value baru dan beri nama DWORD value tersebut dengan nama NoAddPrinter, dan isikan Value Data-nya dengan angka 1. Tutup Registry Editor Anda.
Sekarang, apabila ada seseorang yang mencoba menghapus nama printer Anda, maka akan muncul tulisan "Due to restrictions in effect on this computer. Please contact your system administrator".

Demikian juga apabila seseorang mencoba menambah nama printer baru, maka akan muncul pesan yang sama. Untuk menonaktifkan proteksi tersebut, ubah value data-nya menjadi 0, atau hapus DWORD value-nya.

0 komentarnya coy?: